Diversifikasi Usaha, AALI Akuisisi Kebun Karet

Written By Unknown on Sabtu, 03 November 2012 | 09.38

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) mengincar satu lahan karet di Kalimantan Selatan. Ini merupakan diversifikasi usaha, selain bisnis minyak kelapa sawit mentah (crude palm oil/CPO).

Direktur Keuangan AALI Santosa menjelaskan, perseroan melihat potensi besar untuk menanam karet di sana.

"Kita pastikan akan mengakuisisi lahan karet seluas 2.000 hektar (ha)," kata Santosa di Hotel Luxton Bandung, Sabtu (3/11/2012).

Menurut Santosa, karet ini akan digunakan sebagai bahan baku dalam industri ban. Namun dalam praktiknya, AALI tidak akan memproduksi ban, tapi akan dijual ke pihak lain.

Akuisisi lahan karet ini dimungkinkan karena perseroan menilai mampu melihat peluang bisnis di dalamnya. Selain itu, akuisisi lahan karet ini juga dinilai lebih visible dibanding melakukan akuisisi lahan untuk kelapa sawit.

"Untuk membuka perkebunan karet, lahan yang diperlukan hanya sekitar 2.000 ha. Namun untuk lahan kelapa sawit perlu lahan dua kali lipat lebih, bisa mencapai 5.000 ha," tambahnya.

Santosa mengharapkan rencana akuisisi lahan ini bisa terjadi pada 2013 mendatang. Saat ini, perseroan masih berusaha melakukan pembebasan lahan.

Dari sisi investasi, Santosa belum bersedia menjelaskan. Saat ini, perseroan sedang menghitung jenis bibit yang akan digunakan untuk tanaman karet tersebut.

"Kalau dulu kan kami gunakan bibit tanam dengan produksi 7 tahun, nah, sekarang ada yang baru yakni bibit produksi 5 tahun. Jadi belum bisa dipastikan, mau pakai yang mana. Bisa juga kemungkinan dikombinasi antara yang 5 tahun dan 7 tahun, untuk meminimalisir risiko," jelas dia.

Editor :

Ana Shofiana Syatiri


Anda sedang membaca artikel tentang

Diversifikasi Usaha, AALI Akuisisi Kebun Karet

Dengan url

http://inpobisniskeuangan.blogspot.com/2012/11/diversifikasi-usaha-aali-akuisisi-kebun.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Diversifikasi Usaha, AALI Akuisisi Kebun Karet

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Diversifikasi Usaha, AALI Akuisisi Kebun Karet

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger